Melanjutkan Pembahasan kemarin yang mengartikan tentan Pengenalan Jaringan Komputer, sekarang kita akan membahas tentang Macam-macam Jaringan Komputer, jaringan komputer di bagi menjadi beberapa macam yang di kelompokan sesuai dengan luas wilayah, berikut kualifikasinya :

Macam Macam Jaringan komputer berdasarkan wilayah
Ilustrasi Jaringan Komputer
Peer-to-Peer
Yaitu jaringan komputer yang terdiri dari 2 komputer saja yang dimana kedua komputer memiliki hak akses yang sama tidak ada server, dan juga tidak ada client yang saling dapat berbagi resource dari komputer 1 dengan komputer 2 sehingga saling terkoneksi.

 LAN ( Local Area Network )
Suatu jaringan komputer yang wilayah cakupannya hanya sebatas Gedung saja atau ruangan yang jaraknya maksimum 100 Meter, bahkan lebih bila memakai tambahan perangkat lain.

MAN ( Metropolitan Area Network )
Merupakan jaringan komputer yang wilayah cakupannya lebih luas dari LAN yaitu mencakup antar kota sehingga dapat menggabungkan beberapa gedung antar kota, misalkan suatu perusahaan memiliki beberapa cabang di luar kota dan semua sistem pengadministrasiannya ingin saling terintegrasi maka perusahaan tersebut harus membangun jaringan MAN, namau jangan salah pengertian yang namanya MAN adalah kumpulan dari jaringan LAN yang saling terhubung.

WAN ( Wide Area Network )
WAN merupakan jaringan yang berskala luas yang dimana jaringan ini merupakan gabungan dari Jaringan MAN yang saling terhubung dengan cakupan wilayahnya dapat mencapai antar negara, yang dimana sebagian besar di gunakan oleh perusahaan - perusahaan yang berskala besar yang mempunyai cabang di negara lain.

INTERNET ( Interconection Network )
Mungkin kata internet sudah tidak asing lagi untuk kita bahkan jaman sekarang sudah disebut sebagai jamannya INTERNET, Mengapa demikian ?? karena dengan INTERNET kita dapat mengetahui informasi yang sedang terjadi di belahan bumi yang lain di waktu yang sama. jadi apa itu INTERNET ??, INTERNET adalah jaringan komputer yang menggabungkan seluruh jarngan komputer baik itu LAN, MAN, WAN menjadi satu dan menjadi suatu kesatuan sehingga semua saling terhubung.

Demikianlah Pembahasan kita untuk hari ini untuk pembahasannya yang lain akan saya tulis lagi di lain waktu.

2 komentar :

Unknown mengatakan...

sama-sama, semoga bermanfaat

Unknown mengatakan...

bags juga nih artikelnya gan, makasih a ya semoga bermanfaat buat semuany :DD

http://www.asianbrilliant.com

kursus komputer via online

grosir kaos polos

Posting Komentar

Silahkan simpan komentar anda di kolom komentar dengan kata-kata yang rapi dan enak di pandang.